Pil KB – Manfaat, Efek Samping, dan Kontraindikasinya

Adakah Manfaat Pil KB Selain Mencegah Kehamilan?
Pil KB tidak hanya mencegah kehamilan, tetapi juga memiliki beberapa manfaat kesehatan. Beberapa manfaat kesehatan dari pil KB antara lain:
  1. Periode menstruasi yang teratur dan ringan. Pil KB dapat membantu mengatur siklus menstruasi sehingga periodanya sekitar 28 hari. Pil KB juga menyebabkan haid yang lebih ringan.
  2. Kulit yang lebih bersih. Pil KB dapat memperbaiki kulit berjerawat. Hormon-hormon yang terdapat dalam pil KB umumnya dapat menghentikan pembentukan jerawat. Namun efek ini biasaya baru terlihat beberapa bulan setelah penggunaan pil KB.
  3. Mengurangi kram. Pil KB dapat mengurangi bahkan menghilangkan kram yang sering terjadi pada saat menstruasi.
  4. Manfaat lainnya. Pil KB mengurangi resiko anemia, karena pil KB dapat mengurangi pendarahan menstruasi. Pil KB juga mengurangi resiko kanker endometrium (kanker selaput lendir rahim), kanker rahim, dan kista rahim. Pil KB juga melindungi tuba fallopi terhadap penyakit radang panggul (pelvic inflammatory diseases, PID). Pil KB juga mencegah terjadinya kehamilan di luar rahim.
Efek Samping Penggunaan Pil KB
Kebanyakan wanita yang menggunakan pil KB tidak mengalami efek. Namun ada juga wanita yang mengalami menstruasi yang tidak teratur, mual, sakit kepala, atau perubahan berat badan. Masing-masing jenis pil KB mungkin memberikan efek samping yang berbeda. Beberapa efek samping yang mungkin dialami pengguna pil KB adalah:
  • Pendarahan (spotting). Ini dapat terjadi selama minggu pertama sampai minggu ketiga sejak penggunaan pertama pil KB atau jika anda lupa minum pil KB tersebut. Jika pendarahan semakin parah atau berlangsung lebih dari tiga hari padahal anda telah nenggunakannya selama beberapa bulan, sebaiknya segera hubungi dokter anda.
  • Mual. Mual sering terjadi ketika anda pertama kali mulai menggunakan pil KB, dan biasanya akan lenyap dalama beberapa hari. Hal ini biasanya jarang terjadi jika anda minum pil KB setelah makan malam atau anda makan snack sebelum tidur.
  • Sakit Kepala. Sakit kepala dapat terjadi karena stress, kurang tidur, infeksi sinus, atau migraine. Pil KB dapat membuat sakit kepala lebih baik atau lebih buruk. Jika dokter anda menduga sakit kepala anda disebabkan karena pil KB, ia akan membuat resep pil kontrasepsi dengan jumlah estrogen yang lebih kecil atau meminta anda menghentikan penggunaan pil KB untuk sementara waktu.
  • Perubahan Mood. Emosi naik dan turun dapat terjadi dan sebenarnya sangat jarang disebabkan oleh pil KB. Berolahraga dan makan makanan sehat dapat membantu disamping konsultasi dengan dokter. Biasanya dokter dapat membantu jika anda menjelaskan kondisi yang anda alami.
  • Payudara sakit atau membesar. Sangat jarang terjadi, payudara menjadi lebih lembek dan/atau membesar.
  • Perubahan berat badan. Ada wanita yang mengalami kenaikan berat badan dan ada pula wanita yang mengalami penurunan berat badan setelah menggunakan pil KB.
  • Pembekuan darah. Pembekuan darah di kaki atau di paru-paru merupakan efek samping serius yang sangat jarang terjadi. Jika anda tiba-tiba mengalami nyeri atau pembengkakan di kaki atau sesak napas dan nyeri dada, segera ke dokter untuk diperiksa. Jika anda pernah mengalami penggumpalan darah di kaki anda tidak boleh minum pil KB.
Jika efek samping terjadi, biasanya efek tersebut ringan dan hilang dengan sendirinya dalam tiga atau empat siklus pertama. Jika anda mengalami efek samping segera hubungi dokter anda untuk mendapatkan penjelasan. Jika efek samping tersebut membuat anda tidak nyaman atau efek tersebut tidak segera hilang, dokter anda mungkin menyarankan untuk mengganti pil KB anda dengan pil KB jenis lainnya.
Kontraindikasi Menggunakan Pil KB Kombinasi
Orang-orang dengan kondisi berikut tidak boleh menggunakan pil KB:
  • Pernah mengalami pembekuan darah
  • Sakit kepala migraine dengan aura (migraine dengan “melihat” bintik atau cahaya silau atau kesulitan melihat 5 sampai 30 menit sebelum sakit kepala terasa), atau gejala kelainan syaraf seperti mati rasa atau tidak bisa bicara.
  • Penyakit jantung tipe tertentu
  • Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dengan pengobatan medis
  • Pernah mengalami penyakit kuning (jaundice) saat hamil
[sumber]
Bagikan konten via :

Artikel Lainnya: Pil KB – Manfaat, Efek Samping, dan Kontraindikasinya

 

+ komentar + 1 komentar

17 Oktober 2012 20.32

semangat selalu tipsnya

Poskan Komentar

Perhatian!
Silahkan beri komentar Anda dengan sopan tanpa menyinggung agama atau ras tertentu.

Jika ingin menyertakan tautan menuju situs web tertentu, harap komentar yang berhubungan dengan topik, agar komentar Anda bisa kami publikasikan. Terima kasih.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Pemilik : Fuadditiya Imaspadi Muharam.
. Fuad Compi Net. All Rights Reserved.
Official Partner by Masfim dot Com - Portal Informasi Terkini.
Created by Maskolis.Com Modify by Fuad Compi Net
Proudly powered by Blogger
Top Backlink Masfim Grup